FTIK Sukses Gelar Seminar Internasional Bertema “Research and Implementation of Science Education in Digital Era”

Kamis, 15 Agustus 2019 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan mengadakan Seminar internasional dengan tema “Research and Implementation of Science Education in Digital Era” dengan 2 keynote speaker yaitu Prof. Dr. Gerhard W. Weber dari Poznan University of Technology, Polandia dan Prof. Dr. Herman Mawengkang dari Universitas Sumatera Utara, Indonesia. Rangkaian acara berlangsung dengan sukses sesuai dengan yang telah direncanakan . Kegiatan seminar internasional ini merupakan kegiatan rutin tahunan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan keilmuan mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan khususnya, dan bagi masyarakat pada umumnya. “Seminar internasional ini dilaksanakan setiap tahunnya oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan dalam rangka menambah dan mengembangkan wawasan keilmuan mahasiswa dan dosen di FTIK serta masyarakat umum lainnya”, sebut Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. pada sambutannya selaku Ketua panitia pelaksana kegiatan ini.

Dok. Humas FTIK: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. memberikan sambutan

Lebih lajut, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Dr. Lelya Hilda, M.Si.  menyatakan bahwa pelaksanaan program seminar internasional ini merupakan wujud pembekalan kepada setiap mahasiswa maupun dosen dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin cepat, sehingga diharapkan setiap insan akademisi semakin siap dalam menghadapi Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi produksi. “Kegiatan ini dapat kita jadikan sebagai wujud penyiapan mahasiswa, dosen, dan yang lainnya dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan era serba digital telah mempengaruhi ranah pendidikan sehingga setiap akademisi sudah harus siap dalam menghadapi hal tersebut”, sebut Dr. Lelya Hilda, M.Si.

Dok Humas FTIK: Dr. Lelya Hilda, M.Si. memberikan sambutan

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. Pimpinan IAIN Padangsidimpuan mengapresiasi atas suksesnya kegiatan seminar internasional yang diadakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan ini. Kegiatan ini dinilai sebagai salah satu langkah yang ditempuh oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan IAIN Padangsidimpuan dalam proses aktualisasi diri ke dunia internasional. “Kita sangat mengapresiasi suksesnya pelaksanaan seminar internasional ini. Seminar internasional ini bisa kita jadikan sebagai langkah atau proses aktualisasi diri institusi ke dunia internasional, sehingga IAIN Padangsidimpuan semakin dekat dengan World Class University” sebut Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag.

Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. memberikan sambutan

Keynote speaker pertama yang memberikan materi adalah Prof. Dr. Herman Mawengkang dari Universitas Sumatera Utara (USU) dengan judul materi “A Markov-based model in managing coordination relationship of school communities to achieve environmental behaviour”. Materi ini membahas tentang suatu model yang dapat dilakukan dalam mengelola hubungan koordinasi komunitas sekolah untuk mencapai perilaku lingkungan pada setiap individu.

Dok. Humas FTIK: Prof. Dr. Herman Mawengkang memberikan materi pertma

Keynote speaker yang memberikan materi kedua adalah Prof. Dr. Gerhard W. Weber dari Poznan University of Technology (PUT) dengan judul materi Research Implementation, and Science Education in Digital Era dan Factor that Influence the Quality of Primary Education in Developing Nations. Sebagai Profesor di bidang matematika dan teknologi pembelajaran, Prof. Dr. Gerhard W. Weber mengenalkan konsep penelitian dan penerapan keilmuan sains di era yang serba digital seperti saat ini.

Dok. Humas FTIK: Prof. Dr. Gerhard W. Weber memberikan materi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *