Peluang dan Tantangan Dalam Mewujudkan Akses Lembaga PAUD yang Merata dan Berkualitas.

Tantangan dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas contohnya: guru / pendidik bersyarat kualifikasi S1 masih sedikit, masih ada desa-desa yang belum ada PAUD, padahal anjuran pemerintah satu desa minimal satu PAUD. Partisipasi PAUD menurut provinsi, tertinggi DI Yogyakarta 99,5%, dan terendah Papua 34,7 %. Dan masih ada ketimpangan akses PAUD antar wilayah. Ada tiga profinsi yang memiliki prosentase dibawah 50%: Profinsi Papua, Provinsi Kalimantan Barat, dan Profinsi Maluku Utara.

Kebijakan pendidikan Anak Usia Dini

Arah kebijakan

  1. Meningkatkan akses PAUD

Strategi : – pengembangan PAUD berbasis komunitas dengan pembiayaan dari berbagai sumber, termasuk dana desa, untuk menjangkau anak miskin, anak kurang beruntung, atau anak berkebutuhan khusus.

– pemberian jaminan lembaga (alat peraga-dan segala instrument) PAUD menyediakan layanan bagi seluruh anak usia 3-6 tahun sesuai tahap perkembangan anak

  1.  Meningkatkan kualitas layanan PAUD

Strategi : – penjaminan bahwa standar nasional PAUD digunakan dalam menyusun kurikulum PAUD

– adanya penguatan forum pengembangan profesi pendidik PAUD dan kelompok kerja guru untuk meningkatkan kompetensi guru

-penguatan fungsi pengawas lembaga PAUD dan pemberian dukungan untuk peningkatan kompetensinya

– pengembangan dan penerapan system jaminan kualitas PAUD yang efektif, termasuk pengembangan karir pendidik.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *