Prodi Pendidikan Bahasa Arab Mendapat Apresiasi dari Asesor

Jum’at, 9 Agustus 2019 Program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) melaksanakan proses asesmen lapangan akreditasi. kegiatan dilaksanakan muali dari pkl 07.30 WIB hingga pkl 19.00 WIB. Asesor lapangan yang ditugaskan oleh Badan Akreditasi Nasional Pergutuan Tinggi (BAN-PT) untuk menilai akreditasi Prodi PBA adalah Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Dr. Abdul Munip, M.Ag. dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA). Kedua asesor memulai peninjauan dari pusat laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yang menjadi pusat kegiatan praktikum Prodi PBA, mulai dari Lab. Komputer, Lab. Bahasa, dan Lab. Multimedia. Setelah dari Laboratorium center FTIK, Asesor langsung menuju ke lokasi, yaitu gedung FTIK yang disambut oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, dan Wakil Rektor III, beserta seluruh civitas akademika FTIK IAIN Padangsidimpuan.

Dok. Humas FTIK: WR I, WR II, WR III, dan Dekan FTIK bersama Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. dan Dr. Abdul Munip, M.Ag.

Kedatangan kedua asesor tidak hanya disambut oleh para petinggi IAIN Padangsidimpuan, namun sambutan bernuansa kearifan lokal juga disajikan berupa tarian oleh mahasiswa FTIK IAIN Padangsidimpuan. Sambutan ini sekaligus menunjukkan bahwa kampus IAIN Padangsidimpuan sangat menjunjung tinggi kearifan lokal di daerah Tapanuli bagian selatan. Rangkaian acara sambutan ini berlangsung selama 30 menit.

Dok. Humas FTIK: Tarian Sambutan untuk Asesor oleh Mahasiswa FTIK

Setelah selesai acara sambutan, asesor langsung menuju ruangan untuk melakukan asesmen terhadap prodi PBA. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. menjadi asesor untuk meninjau bukti dokumen Program studi Pendidikan Bahasa Arab, sedangkan Dr. Abdul Munip, M.Ag. menjadi asesor untuk meninjau bukti dokumen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. berada di ruang Prodi PBA bersama Ketua Program studi Pendidikan Bahasa Arab dan beberapa personil pembantu. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. mengapresiasi kelengkapan dokumen yang disediakan oleh Prodi PBA dan dibantu oleh ketersediaan web yang komunikatif, sehingga pelaksanaan peninjauan bukti dokumen Prodi berlangsung lancar. “Semua berlangsung dengan lancar dengan bukti dokumen yang cukup serta wujud sosialisasi web yang baik” sebut Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag.

Dok. Humas FTIK: Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. memeriksa kelengkapan dokumen Prodi PBA

Sementara itu, Dr. Abdul Munip, M.Ag. yang berada di ruang Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untuk meninjau kelengkapan dokumen fakultas menyatakan bahwa kelengkapan dokumen juga sangat baik. Adanya E-Learning juga diapresiasi dan menjadi nilai lebih dari penilaian kali ini. “Kelengkapan dokumen fakultas sangat baik, bahkan jauh lebih baik daripada borang yang dikirimkan saat pengajuan awal. Kemudian, E-Learning yang tersedia menunjukkan bahwa Program studi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan telah merencanakan kurikulum masa depan dengan melibatkan teknologi pada proses pembelajaran”, sebut Dr. Abdul Munip, M.Ag.

Dok. Humas FTIK: Dr. Abdul Munip, M.Ag. melakukan peninjauan kelengkapan dokumen FTIK di Ruang Dekan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *