Sukseskan Kegiatan PPL, FTIK Adakan Pembekalan PPL 2020

Padangsidimpuan, 7 Januari 2020 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Padangsidimpuan melaksankan kegiatan pembekalan praktik pengalaman lapangan (PPL) dengan tema “Mengimplementasikan Ilmu Menuju Generasi Cerdas Berintegritas”. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa peserta PPL FTIK 2020 yang berjumlah 493 mahasiswa dan civitas akademika IAIN Padangsidimpuan. Acara pembekalan PPL ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. 

Dok. Humas FTIK: Peserta PPL FTIK 2020

Kegiatan PPL tahun ini memiliki konsep yang berbeda dengan dengan kegiatan PPL yang sebelumnya. Hal ini dijelaskan oleh ketua penyelenggara PPL FTIK 2020, Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dalam laporannya. “PPL tahun ini kita laksanakan dengan konsep yang berbeda dengan PPL tahun sebelumnya. Pertama, jika PPL sebelumnya kita laksanakan hanay di satu kabupaten/kota, maka di tahun ini kita laksanakan di 8 kabupaten/kota. Kedua, jika PPL tahun sebelumnya kegiatan PPL hanya dilakukan dengan mengajar di kelas, maka di tahun ini peserta PPL diwajibkan melaksanakan minimal satu kegiatan pengabdian di lokasi masing-masing. Hal ini otomatis mengharuskan laporan yang disusun nanti terdiri dari 2, yaitu laporan PPL dan laporan pengabdian. Kemudian yang ketiga, jika PPL di tahun sebelumnya diikuti oleh 4 program studi, maka di tahun ini PPL FTIK diikuti 5 program studi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah untuk pertama kalinya ikut serta mengutus mahasiswanya dalam kegiatan PPL FTIK. Konsep yang kita susun ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di lingkungan FTIK IAIN Padangsidimpuan dan agar PPL lebih bermakna bagi seluruh elemen di lingkungan FTIK.” sebutnya.

Dok. Humas FTIK: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. Menyampaikan Laporan Panitia PPL FTIK 2020

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Lelya Hilda, M.Si. dalam sambutannya mengharapkan seluruh inovasi yang telah disusun dalam kegiatan PPL tahun ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh elemen untuk meningkatkan kualitas mahasiswa FTIK IAIN Padangsidimpuan. Selain itu, Dekan juga menghimbau untuk memberikan kemampuan yang terbaik selama di lokasi PPL serta menunjukkan akhlak yang mulia. “Kita mengharapkan inovasi konsep PPL yang disusun pada tahun ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan FTIK IAIN Padangsidimpuan nantinya. Harapan kami juga mahasiswa kami memberikan seluruh kemampuan yang terbaik yang dimiliki, implementasikan setiap apa yang telah kalian dapatkan selama ini di IAIN Padangsidimpuan ini. Namun, kami juga mengharapkan agar anak-anak kami menjaga sikap, tetap junjung tinggi Akhlakul Karimah kalian, sehingga nama IAIN Padangsidimpuan tetap wangi di luar sana.” sebutnya.

Dok. Humas FTIK: Dekan FTIK, Dr. Lelya Hilda, M.Si. Menyampaikan Sambutan

Sebelum kegiatan dibuka, Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. memberikan amanah kepada para mahasiswa peserta PPL FTIK 2020. Dalam amanatnya, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. menyampaikan tentang 4 kompetensi guru yang harus dimiliki oleh guru, salah satunya akan dibentuk melalui kegiatan kegiatan PPL ini. “Kami mengharap agar anak-anak kami menjadikan kegiatan PPL ini sebagai suatu sarana berlatih untuk menanamkan 4 kompetensi guru pada diri masing-masing. Keempat kompetensi ini sangat penting untuk kalian bangun dari sekarang karena kalian adalah calon-calon guru. Kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik adalah 4 kompetensi yang sudah harus kalian bangun sejak dini sehingga nanti kalian menjadi guru yang profesional. Sekali lagi, silahkan jadikan momen PPL ini sebagai ajang melatih diri.” jalasnya.

Dok. Humas FTIK: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Muhammad Darwos Dasopang, M.Ag. Menyampaikan Sambutan

Kegiatan pembekalan PPL ini juga diisi dengan pemberian materi-materi yang dapat menambah pengetahuan mahasiswa tentang pembelajaran Abad XXI. Pemateri yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah pemateripemateri yang telah memiliki ertifikat profesional dan telah menjadi guru tutor, yaitu Mulkeis, S.Ag., M.A. dan Salamat Siregar, S.Pd., M.Si.

Dok. Humas FTIK: Pemateri Menyampaikan Materi Pembekalan PPL

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *