Senin, 23 Mei 2022. Temu pisah dan Pembekalan Alumni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan telah selesai dilaksanakan di Gedung FTIK Aula Lt. 2. Kegiatan ini dihadiri oleh Segenap Pimpinan FTIK, Dosen dan Pegawai beserta seluruh Alumni. Hari Alumni merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sesuai dengan periode wisuda di IAIN Padangsidimpuan. Menghadirkan Narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Jafar Syahbuddin Ritonga, DBA. Bertujuan untuk membekali Alumni dalam menghadapi dunia baru yakni dunia kerja.

Alwi Fadli Trimala, S.Pd Ketua Panitia Hari Alumni melaporkan Alumni yang berhadir terdiri dari 5 (lima) Program Studi diantaranya, Prodi Tadris Matematika, Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Tadris Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, dan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Seluruhnya berjumlah 191 Wisudawan. Terselenggaranya acara ini bukan berarti tidak memiliki tujuan. Tujuan utama acara ini selain temu pisah alumni dengan seluruh Pimpinan, Dosen dan Pegawai FTIK adalah untuk Bimbingan Karir bagi para Alumni. “Tujuan kita berkumpul di acara ini adalah untuk membekali atau memberikan pengalaman dan juga sebagai penyongsong dunia kerja untuk kita para Alumni dan kemudian harapannya kepada para Alumni agar dapat memaksimalkan kinerjanya dan apa yang telah didapat selama berproses di kampus kita ini, dapat kita implementasikan baik bagi agama maupun masyarakat,”. Tegas Alwi

Dalam kesempatan kali ini, kata sambutan dari Alumni diwakili oleh Mustaqim, S.Pd mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi yang senantiasa diberikan oleh segenap pimpinan, para dosen serta pegawai di Kawasan FTIK. “Sampainya kami pada titik ini, berproses dari yang tidak tau menjadi tau sampai pada menjadi Sarjana berkat bimbingan dan arahan dari Bapak dan Ibu yang sungguh totalitas. Walaupun proses bimbingan tidak selalu sesuai dengan harapan kita, bisa jadi ada yang cepat atau bahkan ada yang harus sampai berulang kali dan hampir menyerah. Semua proses jika kita maknai maka itu semua adalah salah satu cara Allah menjadikan kita indivudu yang memiliki mental yang lebih kuat lagi, sehingga ketika masuk ke dunia kerja, kita sudah memiliki bekal,” tutur

Kepala Bagian Tata Usaha FTIK, Nasrul Halim Hasibuan, S.Ag.,M.A.P, pada kesempatan kali ini menyampaikan uacapan terimakasih kepada Alumni yang tetap menyempatkan untuk hadir di acara ini, dan ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Narasumber yang berkenan untuk memberikan dan membagikan ilmu kapada para Alumni sebagai bekal dan motivasi untuk mendedikasikan diri. “Wisudawan dan Wisudawati yang telah selesai menempuh proses Pendidikan sehingga hari ini telah berhak menyandang gelar sarjana, tentunya kesuksesan ini dapat membawa semangat, antusiasme serta motivasi baru untuk segera mengaplikasikan ilmu seraya mendedikasikan diri kepada Agama, Masyarakat, Bangsa dan Negara. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini menuntut kita semua senantiasa peka dan sigap terhadap perubahan yang terjadi,” tegas beliau.

Beliau meyakini bahwa Alumni FTIK IAIN Paangsidimpuan pasti memiliki keunggulan yang dapat dibanggakan untuk bekal di dunia kerja, mampu untuk menciptakan lapangan kerja dan berwirausaha. Seluruh Alumni diharapkan tetap dapat menjalin hubungan dan menjaga nama baik Almamater, karena kebersamaan akan mampu menjadi kekuatan jika dilandasi dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Kata sambutan sekaligus pembuka kegiatan Hari Alumni oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag, memberikan motivasi kepada para Alumni bahwa ketika berkiprah di masyarakat maka akan banyak sekali hal-hal baru yang akan menunggu. “Secara teoritis Ananda sekalian telah dibekali dan dibenahi sesuai dengan porsinya masing-masing, hanya saja barangkali secara praktik inilah saatnya untuk berkiprah di masyarakat, maka kalian akan diuji. Apakah kalian akan eksis dan apakah kalian akan mampu beradaptasi dengan dunia yang mempergunakan Ananda sekalian,” ujar Beliau.

Hadirnya Narasumber di sini adalah salah satu langkah untuk memberikan para Alumni wawasan, motivasi, pengalaman-pengalaman dan kiat-kiat untuk bisa segera mendapat pekerjaan maupun membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain. Kecerdasan yang tinggi sekalipun jika tidak dibarengi dengan kecerdasan yang lain akan menyulitkan dalam berkontribusi di masyarakat. Beliau berharap para Alumni untuk tetap menjalin komunikasi, walaupun hanya dari sosial media.

Sesi terakhir yang menjadi acara puncak di kegiatan Hari Alumni ini, narasumber yang ditunggu untuk memberikan materinya yakni Jafar Syahbuddin Ritonga, DBA merupakan Penerus Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM). Beliau menyampaikan bahwa inti dari seluruh proses kesuksesan adalah Maju mengikuti arus perkembangan zaman. Bekerja tidak harus selalu menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi jadilah orang-orang yang mampu menjadi kreator bukan sekedar follower. Beliau juga mengingatkan kapada para Alumni bahwa dalam islam orang yang paling baik dan mulia adalah orang yang paling berguna bagi orang-orang di sekitarnya’” jelas Beliau.