Padangsidimpuan (18/5/2022), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmiah bertema Pengembangan Metodologi Penelitian untuk Riset di PGMI dan PIAUD di Aula Gedung FTIK Lantai 2 pada pukul 08.30 WIB d.d selesai. Seminar Ilmiah Nasional ini diikuti oleh  100 lebih peserta seminar secara luring dan 210 peserta secara daring serta 55 peserta untuk pemakalah, yang dilakukan secara hibrid, terbagi atas luring dan daring terdiri dari mahasiswa setempat IAIN Padangsidimpuan dan mahasiswa dari Universitas lainnya. Dalam kesempatan kali ini yang menjadi Narasumber adalah Prof. Dr. Sumarno, M.Pd beliau adalah Guru Besar Universitas Negeri Medan dan Dr. Pujianti Fauziah, M.Pd. adalah Dosen Universitas Negeri Yogyakarta. Moderator dalam seminar ini adalah Haryanti Jaya Harjani, SST. FT., M.Pd merupakan Dosen UNUSIA dan Dr. Husniah Ramadhani Pulungan, S.Pd., M.Hum., Merupakan Dosen UMTS.

Ketua Panitia Seminar Nasional Pengembangan Metodologi Penelitian untuk Riset di PGMI dan PIAUD, Fitri Ramadhini, M.Pd dalam kesempatan sambutan kali ini menyampaikan bahwa dilaksanakannya Seminar dengan tema Pengembangan Metodologi Penelitian untuk Riset di PGMI dan PIAUD bertujuan agar seluruh dosen maupun mahasiswa kemampuan yang mumpuni dalam bidang metodologi penelitian untuk riset, baik di PGMI maupun PIAUD. Menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran Pimpinan IAIN Padangsidimpuan dan pada Pimpinan FTIK sehingga terlaksananya kegiatan ini. Beliu juga mengucapkan rasa terimakasih kepada segenap Narasumber yang berkenan hadir di semninar ini untuk membagikan ilmunya. Serta kepada seluruh panitia pelaksana yang senantiasa bekerja sama untuk kesuksesan Bersama.

Dr. Lelya Hilda, M.Si yang merupakan Dekan FTIK memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para Panitia atas kerja kerasnya sehingga terlaksananya kegiatan Seminar Nasional ini. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Para Narasumber yang bersedia mengisi acara ini. Serta kepada kedua moderator. Tak lupa pula ungkapan terimakasih untuk para peserta yang hadir, baik itu melalui daring maupun luring.

Dalam kesempatan kali ini, beliau menyampaikan bahwa pengetahuan akan metode penelitian menjadi syarat mutlak untuk mahasiswa maupun dosen dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan karya ilmiah. Beliau juga melaporkan bahwa acara ini tidak hanya sebatas seminar, melainkan adanya outcome yakni berupa prosiding nasional. Beliau juga berharap semoga acara ini berjalan lancar dan memberikan manfaat untuk banyak orang.

Kata sambutan kedua sekaligus pembuka Seminar Ilmiah Nasional oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag, menyampaikan ucapan terimakasih kepada para Narasumber, Moderator, Panitia dan seluruh peserta seminar. “Metode penelitian ini sangat penting, kita berharap ini semua menjadi langkah dan semoga banyak yang bisa kita timbah atau dapatkan dari para narasumberk kita,” tandas Rektor.

Rektor berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan masukan dan peningkatan kualifikasi daripada mahasiswa dan dosen untuk lebih berkiprah  di tingkat Nasional maupun Internasional. “Semoga dengan seminar ini akan menambah pengalaman-pengalaman sehingga mampu untuk meningkatkan capacity  kita sebagai dosen,” harap Beliau.

Sesi do’a yang dibawakan oleh Dr. Roihan Daulay, M.A adalah dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan, menjadi sesi terakhir kata sambutan dan berarti akan masuknya acara inti.

Sesi pertama diisi oleh Narasumber pertama yakni Prof. Dr. Sumarno, M.Pd dan sesi seminar kedua oleh Dr. Pujianti Fauziah, M.Pd.

Kedua Narasumber menyampaikan betapa pentingnya Metode Penelitian, karna penelitian adalah bagian yang tidak bisa ditinggalkan. Informasi banyak yang simpang siur, jika tidak hati-hati maka akan mendapatkan data yang tidak valid. Kali ini kedua Narasumber menyampaikan materi secara Global dan dilanjutkan dengan diskusi. Secara garis besar yang disampaikan oleh Narasumber berkaitan dengan pemilihan metode penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Mixed, PTK dan R & D)

 

#FTIKExcellent #FTIKCeria